[ VLOG ] Terpukau Megahnya Amphitheatre El Jem , Teater Romawi Kuno di Benua Afrika

Salah satu sightseeing yang aku pengen banget datangi saat tahu kita akhirnya mau ke Tunisia, tentunya adalah amphitheatre El Jem. Jadi ceritanya bucket list kita itu pengen banget datangi semua amphitheatre peninggalan Romawi Kuno yang ada di dunia, tersebar di seantero benua Eropa, Afrika dan Asia, kalau menurut Wikipedia ada 200an reruntuhannnya, kadang ya hanya sisa- sisa batuan saja. 

Waktu ke Tunisia, kami mengunjungi El Jem dengan menggunakan kendaraan sewa yang kami pesan untuk mengantar kami dari Tunis ke Sousse, nah letak El Jem ini pas di tengah-tengah rute perjalanan tersebut, jadilah saya custom sewa mobilnya dengan berhenti beberapa jam di El Jem. Lumayan lebih hemat, karena transportasi umum di Tunisia gak secanggih di Maroko yang antar kotanya terhubung dengan bus umum yang bagus dan dengan harga tiket yang masuk di akal. Aku pernah bikin vlognya disini tentang transportasi umum di Maroko !






Amphitheatre El Jem adalah situs warisan budaya yang terletak di kota El Jem, Tunisia, yang saat bangsa Romawi berkuasa kota El Jem diberi nama Thysdrus.

El Jem diperkirakan telah ada sejak abad ke-3 M dan merupakan monumen Romawi terbesar yang tersisa di benua Afrika. Tanggal konstruksi yang tepat masih diperdebatkan sampai sekarang, tetapi sebagian besar sejarawan percaya bahwa pembangunan Amphitheatre El Jem dimulai pada tahun 238. 





Related post tentang Tunisia : 

Teater berbentuk elips memiliki ruang untuk 35.000 penonton, lebih banyak dari jumlah penduduk Thysdrus itu sendiri. Memiliki arsitektur berkualitas tinggi, dikombinasikan dengan lokasinya di propinsi terpencil, menjadikan Amphitheatre El Jem adalah bukti kekuatan dan kemakmuran kekaisaran Romawi.


Sebagai amphitheatre nomor 2 terbesar setelah The Colosseum di Roma, Italia, konstruksi bangunan Amphitheatre El Jem justru lebih terawat dengan baik dan bukan hanya reruntuhan. Bagian bawah tanahnya yang adalah kandang binatang liar dan juga tempat tahanan para gladiator masih terlihat sempurna, bahkan pipa-pipa yang menjadi saluran air bagi hewan-hewan itu juga masih terlihat. 


Berada di Amphitheatre El Jem, dalam hitungan detik akan membawa kamu ke masa lampau, membayangkan gladiator, para budak belian, dan singa beradu di arena berbentuk oval, disertai riuh para penonton yang menikmati brutalnya adu kekuatan ini. 


Sistem akustik di Amphitheatre El Jem masih sangat sempurna, dan setiap tahunnya menjadi tempat perhelatan International Music Festival El Jem.

No comments:

Post a Comment

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan

INSTAGRAM FEED

@soratemplates