Pengalaman Perdana Jadi Model Cilik di Eropa


Ada pengalaman baru di rumah kami yang bikin semua orang jadi sangat excited. 

Mulai bulan Februari 2024 anak kami yang belum genap berusia lima tahun berhasil bergabung menjadi model kecil dan sampai saat ini telah melewati dua pekerjaan besarnya.


Berawal di Januari 2024, kami melakukan pemotretan keluarga di studio yang letaknya tidak jauh dari rumah, kami ingin membuat dokumentasi karena sebenarnya kami hampir tidak pernah foto di studio keluarga. 

Saya sangat terkejut ketika melihat anak saya tiba tiba sangat piawai bergaya di depan arahan fotografer. Dan sesuai perkiraan hasil pemotretan nya juga sangat bagus. 


Melihat bakat anak saya ini kemudian saya mencari agency model di kota kami tinggal. 

Cukup lama saya mencari tau agen mana yang baik reputasinya dan juga memiliki client dengan merek ternama. 

Sampai akhirnya saya menemukan satu model Agency yang reputasinya cukup baik , lalu saya mencoba untuk mengirimkan foto hasil pemotretan Keiko sebelumnya.

Gayung bersambut Keiko akhirnya diterima menjadi model di agency ini. 


Selang satu bulan , email pertama muncul di email saya, email ini adalah penawaran audisi untuk Keiko di sebuah merk baju terkenal di Eropa dan tokonya tersebar dimana-mana.

Audisi di Belgia ternyata cukup unik karena kita tidak perlu datang langsung bertemu dengan client tapi hanya audisi melalui foto, jadi ga buang2 waktu percuma untuk sekedar audisi. 

Si agency hanya menanyakan apakah kami dan Keiko bisa hadir di tanggal pemotretan yang ditentukan, berikut dengan informasi jumlah honor yang ditawarkan.

Setelah saya sanggup datang di jadwal pemotretan yang telah ditentukan, lalu selanjutnya si agency mengirimkan data ke client tersebut, singkat cerita Keiko mendapatkan pekerjaan pertamanya di dunia modeling. 


✔️ Related post : Kidz Sanur - Disini Tempat Belajar dan Bermain untuk si kecil sambil liburan di Bali


✔️ Peraturan di Belgia Mengenai Memperkerjakan Anak di Bawah Usia 

Bukan Eropa namanya kalau tidak ada peraturan yang mengikat apalagi demi kesejahteraan anak di bawah umur.

Berikut beberapa peraturan di Belgia dan negara Uni Eropa lainnya tentang hal ini :


1. Izin Orang Tua: Sebagai seorang anak di bawah umur, tentunya ia memerlukan izin dari orang tua atau wali untuk menjadi model. Orang tua harus memahami dan menyetujui semua kontrak dan pekerjaan modeling yang diterima.







2. Peraturan Perlindungan Anak: Sebagai negara anggota Uni Eropa, Belgia memiliki aturan ketat terkait perlindungan anak. Agensi modeling dan klien harus memastikan bahwa lingkungan kerja aman, nyaman, dan sesuai dengan standar perlindungan anak yang berlaku.

Ada kontrak yang membahas siapa yang akan mengantar dan menjemput anak ke lokasi pemotretan, dan orang tersebut wajib tandatangan dan bertanggung jawab.


3. Batasan Jam Kerja: Anak-anak di bawah usia tertentu memiliki batasan jam kerja yang harus dipatuhi. Hal ini bertujuan untuk melindungi kesejahteraan dan kesehatan anak. Agensi modeling dan klien harus mematuhi aturan ini dan tidak mempekerjakan anak-anak di luar jam yang diizinkan.


4. Pendidikan: Meskipun menjadi model anak bisa menjadi pekerjaan yang menarik, pendidikan tetap menjadi prioritas utama. Anak-anak di Belgia diwajibkan untuk bersekolah dan agensi modeling harus memastikan bahwa jadwal kerja tidak mengganggu pendidikan anak. Di atas usia 5 tahun, setiap pelajar yang mendapatkan pekerjaan pemotretan di jam sekolah, wajib mendapatkan persetujuan dari sekolah, lengkap dengan tanda tangan dari kepala sekolah.


5. Perlindungan Privasi: Agensi modeling dan klien harus memastikan bahwa privasi dan keamanan anak-anak dijaga dengan baik. Foto atau video anak-anak tidak boleh digunakan tanpa izin dan harus sesuai dengan etika dan aturan privasi yang berlaku.


6 Jika si anak memiliki saudara kandung, pemerintah wajib tahu bagaimana nasib saudara tersebut, apakah ada yang menjaganya dan pertanyaan-pertanyaan lain yang memastikan saudara si model tersebut tidak terbengkalai.


Seru banget ya peraturan2nya, setiap sebelum pemotretan aku harus tanda tangan banyak dokumen dan kontrak yang berkaitan dengan peraturan-peraturan tersebut diatas. Jadi ilmu baru juga untuk kami. 


✔️ Lalu bagaimana dengan honor menjadi model cilik di luar negeri 


Di Belgia, anak-anak di bawah usia 18 tahun dianggap sebagai pekerja anak dan memiliki hak-hak kerja yang dilindungi oleh undang-undang. Dalam hal pembayaran honorarium model anak kecil di Belgia, ada beberapa aturan yang harus diikuti:


1. Pembayaran kepada Anak: Menurut undang-undang di Belgia, honorarium yang diterima oleh model anak kecil harus dibayarkan langsung kepada anak tersebut, bukan ke rekening orang tua atau wali. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa anak memiliki kontrol langsung atas uang yang diterimanya dan untuk melindungi hak-hak finansialnya.

Dan rekening tersebut hanya bisa diakses oleh anak tersebut ketika ia berusia 18 tahun. 


3. Pembayaran langsung ke rekening anak bertujuan adalah untuk melindungi hak-hak finansial anak dan mencegah penyalahgunaan atau eksploitasi keuangan.


4. Kontrak dan Perjanjian: Sebelum menerima pekerjaan modeling, anak dan orang tua atau wali harus menandatangani kontrak yang jelas dan transparan terkait pembayaran honorarium, termasuk prosedur pembayaran dan pengelolaan uang. Kontrak ini harus mematuhi aturan dan regulasi yang berlaku di Belgia.


Segitu kompleks ternyata untuk menjadi Kid model di luar negeri, aku sih setuju banget kalau dibuat ketat seperti ini, karena anak bukan bahan eksploitasi. Saat proses pemotretan berlangsung, waktunya juga gak lama, hanya 45 menit dan It was so amazing to see how Keiko can deal with the teams that all are strangers for him, walaupun di studio penuh lampu, berseliweran orang-orang yang sibuk , Keiko bisa mengikuti arahan fotografer dan fashion stylist yang bertugas dengan sangat baik. Sudah pasti ini menjadi pelajaran yang tidak dia terima di sekolah. We are so produk of him!

No comments:

Post a Comment

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan

INSTAGRAM FEED

@soratemplates