Itinerary Balkan Trips : Serbia - Bosnia - Croatia - Montenegro

Punya waktu 10 hari dan ingin menjelajahi negara Balkan yang adalah pecahan negara Ex Yugoslavia? bisa banget !

Kunjungan perdana kami ke negara Balkan dimulai di negara Serbia, untuk memasuki negara ini diperlukan visa Serbia yang harus diurus sebelum keberangkatan, sedangkan untuk visa Bosnia, Kroasia dan Montenegro, bisa menggunakan visa Schengen yang masih valid masa berlakunya dengan maksimal kunjungan maksimal 7 hari.

Keterangan pengurusan visa Serbia, bisa dilihat di website resmi Kedutaan Serbia di Jakarta : http://mfa.gov.rs/en/consular-affairs/entry-serbia/visa-requirements

Berikut itinerary keberangkatan kami menuju 4 negara pecahan ex Yugoslavia: Serbia, Bosnia, Kroasia dan Montenegro.

Updated : Negara Serbia sudah memberlakukan bebas visa selama 30 hari bagi para pemegang paspor WNI sejak Oktober 2017 lalu.
Namun bila lebih dari 30 hari, kamu membutuhkan visa dari kedutaan besar Serbia.

Day 1
Tiba di Bandara Belgrade, Serbia masih sore dan saya tak ingin mengeksplor kota ini hari ini dan memilih untuk melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bis malam dengan tujuan Sarajevo. Anggap saja menghemat waktu karena toh kelak saya akan kembali ke kota Belgrade seusainya trip Balkan ini selesai.

Dengan menggunakan shuttle bus yang membawa penumpang dari bandara ke terminal bis, segera saya memesan bis dengan tujuan Sarajevo. Bis sedianya berangkat setiap jam 9 malam.
Tidak ada panorama yang bisa saya nikmati, hanya bis dengan kecepatan tinggi yang bisa saya rasakan.
Di tengah-tengah perjalanan dimana saat itu jam menunjukkan tengah malam, bis terhenti dan seorang tentara bersenjata lengkap menaikkin bis dan memeriksa paspor dan kartu pengenal dari masing-masing penumpang. Inilah pengalaman keimigrasian dengan perbatasan negara Bosnia pertama saya.

Day 2
Sarajevo, Bosnia-Herzegovina
Pagi itu kira-kira jam 4 pagi, bis umum yang membawa saya dari Belgrade ke Sarajevo tiba tepat waktu di terminal timur kota Sarajevo setelah menghabiskan waktu 8 jam di perjalanan. Udara yang kelewat sejuk nyaris dingin membuat saya harus mencari ruangan untuk menghangatkan diri, sialnya ruang tunggu terminalpun masih tertutup rapat, beberapa taksi menawarkan jasanya untuk mengantar ke pusat kota Sarajevo, tapi itu bukan pilihan, lebih baik saya menunggu di terminal ini sampai matahari muncul daripada luntang lantung di tengah kota.
Keberuntungan ada di pihak saya ketika ternyata ada kedai kopi yang nyempil di ujung gang telah buka, tepatnya baru saja buka. Langkah kedua kaki saya diikuti oleh beberapa backpackers lainnya yang juga mencari tempat menghangatkan diri.

Pukul 6 pagi  Saya pun melangkah menuju terminal trolley bus yang akan mengantar ke pusat kota Sarajevo. Kalau di negara lain menyebutnya Tram, di Bosnia mereka menyebutnya trolley bus, sekilas mengingatkan saya akan transportasi yang sama yang juga merupakan icon kota San Francisco atau kota Istanbul.
Tak banyak trolley bus yang beredar di kota ini, hanya ada 5 rute saja yang kebanyakkan mengarah ke pusat kota. Kebetulan apartemen yang saya booking sebelum keberangkatan terletak juga di jalan utama kota Sarajevo bernama Baščaršija.

Menuju jalan utama Baščaršija dengan menggunakan taksi hanya dikenakan biaya Rp.150.000,- saja, hanya saja ada pengalaman tak terbayarkan ketika bersama dengan penduduk lokal yang kebetulan akan berangkat bekerja berebut untuk bisa duduk di bis. Untungnya saya menaikki bis ini dari terminal awal sehingga banyak kursi kosong yang tersedia. Jarak antara terminal awal dan jalan ternyata tak dekat, sekitar 45 menit kira-kira waktu yang ditempuh untuk menuju Baščaršija.

Saya memang tiba lebih cepat dari waktu check in yang ditetapkan oleh bed & breakfast yang telah saya booking sebelumnya dan saya pun memilih  manfaatkan waktu seadanya untuk mengeksplorasi kota ini. Saya memberanikan masuk ke Srebrenica Exhibition - galeria tempat dipamerkannya puluhan foto yang bercerita mengenai kebuasan, kebengisan dan ketidakmanusiaan tentara Serbia ketika menghabisi rakyat Bosnia.

Cerita mengenai Sarajevo, bisa dibaca kelanjutannya disini :http://www.jalan2liburan.com/search/label/Sarajevo

Day 3
Sarajevo, Bosnia-Herzegovina –-) Dubrovnik, Kroasia
Time to say good bye to Bosnia, singkat namun di kota inilah saya meninggalkan hati. Hari ini pukul 07:15 bis umum akan membawa saya meninggalkan Sarajevo untuk menuju Dubrovnik di Kroasia.

Biaya bis umum adalah 45,00KM sekali jalan, saya telah memesan tiket tersebut melalui website resmi perusahaan bis Centrotrans Sarajevo Eurolines, sehingga saat tiba di loket, saya hanya menunjukkan email tersebut ke petugas. Ada baiknya hal ini dilakukan saat musim liburan, karena kursi di dalam bis yang terbatas.

Setelah memiliki tiket yang telah di validasi petugas, maka para pemilik tiket bisa masuk ke dalam ruang tunggu semacam boarding room. Sebelumnya saya sempat masuk ke toko roti yang menjual beragam makanan pagi sebagai bekal dalam perjalanan. Rata-rata harga roti adalah di sekitaran Rp.3000,- saja.

Perjalanan dari Sarajevo menuju Dubrovnik ditempuh dalam waktu hampir 4 jam, itu sudah termasuk antrian saat keluar masuk di perbatasan dan proses pengecekkan paspor. 1 Jam terakhir sebelum bis tiba di terminal Dubrovnik, pemandangan berubah seketika menjadi hamparan laut lepas biru muda yang bercahaya karena sinar matahari.
Rasa lelah selama duduk di bis rasanya terbayar sudah, nampak para penumpang bis lainnya juga langsung memainkan tombol kamera mengabadikan pemandangan cantik laut Mediterania.

Dubrovnik memang merupakan salah satu kota tujuan wisata populer di Eropa, terlihat dari banyaknya turis yang lalu lalang di pemberhentian terminal. Orang lokal banyak yang menawarkan akomodasi sambil membawa foto akomodasi yang mereka tawarkan. Harganya pun beragam, yang pasti biaya akomodasi di Dubrovnik lebih tinggi daripada Sarajevo.

Karena Dubrovnik adalah kota yang berada di dalam benteng, maka lokasi akomodasi di Dubrovnik pun dibagi dua, yaitu di dalam benteng dan di luar.
Kebetulan saya telah mereservasi akomodasi saya sebelumnya, saya memilih bed & breakfast di dalam benteng. Pemiliknya adalah pelukis, sehinggal kamar saya pun tak ubahnya seperti galeri lukisan, cantik.

Siapkan diri membawa peta kota sebelum tiba di kota ini, jenis gang yang hampir serupa, anak-anak tangga yang tak tahu berakhir dimana, memang membingungkan jika Anda baru saja tiba.
Cerita selanjutnya mengenai Dubrovnik , bisa dibaca disini :

Day 4
Dubrovnik, Kroasia
Time to explore this amazing city. Keindahan Dubrovnik bukan isapan jempol, kota tua yang dikelilingi benteng ini lebih asyik dinikmati dengan berjalan kaki. Tahun 1979, Wall of Dubrovnik dinobatkan menjadi salah satu situs bersejarah UNESCO dan hingga kini menjadi objek foto favorit para wisatawan.
Banyak walking tour yang tersedia di alun alun, biasanya dimulai pada pukul 10 pagi selama 2 jam.

Bersama dengan wisatawan lainnya, tur semacam ini akan didampingi oleh pemandu yang berpengalaman. Tur ini dimulai dari air mancur Onofrio, yang selama berabad-abad membawa air minum ke kota,  lalu menuju Jalan Prijeko menuju pelabuhan tua, yang adalah kunci perdagangan dan kesuksesan maritim Dubrovnik.
Sepanjang kota tua, terlihat benteng setinggi 25m dan panjang 2km ini dibangun pada Abad ke-7 dan merupakan benteng pertahanan semasa perang yang bermaterialkan batu-batu kapur besar.

Dubrovnik memiliki banyak bangunan gereja tua, ada Fransiscan Monastery, Dominican Monastery, juga Church of St Sebastian yang dibangun abad ke-15. Detail di masing-masing gereja ini seakan tak habis kalau terus dikagumi.

Day 5
Dubrovnik, Kroasia
It s time to explore the culinary of Croatian. Ratusan rumah makan, kedai kopi, toko roti sampai dengan toko penjual gelato siap menyambut kedatangan para pelancong yang berada di Dubrovnik, khususnya di dalam kota tua, terlebih saat musim semi, musim panas dan awal musim gugur dimana cuaca yang hangat sangat memungkinkan untuk beraktifitas di luar ruangan.

Pemilik usaha masing-masing menampilkan meja terbaik yang dimilikinya dengan tatanan seindah mungkin menarik perhatian tamu, potongan bunga segar dalam vas, taplak berwarna warni sesuai tema resto nya, sampai dengan lilin atau obor sebagai penerangan saat malam tiba. Bahkan karena kontur dalam kota tua Dubrovnik ini yang menanjak, tangga-tangga pun disulap menjadi tempat usaha, beralaskan bantal duduk warna warni jadilah tangga-tangga itu pun menjadi tempat chill out yang mengasyikkan.

Day 6
Dubrovnik, Kroasia –-)  Kotor, Montenegro
Dengan tiket bis seharga HRK.23 untuk perjalanan sejauh hampir kurang lebih 3 jam dari kota Dubrovnik menuju kota Kotor, melewati 2 checking border yaitu border saat meninggalkan kota Kroasia lalu beberapa meter setelah itu kembali untuk pengecekkan dokumentasi di border masuk negara Montenegro. Pak polisi berseragam, berbadan tegap tanpa senyum naik ke atas bis yang kami tumpangi seraya mengecek dan mengumpulkan ID Card ataupun paspor yang merupakan identitas para penumpang sebelum masuk ke area negaranya.
Selepas meninggalkan area keimigrasian, bis pun kembali melaju dan kali ini saya bisa dengan bangga berkata "Welcome in Montenegro – The Wild Beauty" , jargot yang sering terdengar pada video pariwisata di TV yang kerap saya lihat di televisi.
Kata Montenegro yang terdengar indah pelafalannya ini berarti Pegunungan Hitam karena memang dikelilingi undak-undakkan gunung batu berwarna hitam. Cuaca kala itu gerimis disertai petir, membuat perasaan jadi semakin tak menentu, berasa misterius karena pemandangan di balik kaca bis adalah gunung-gunung batu tersebut disertai sekali-kali kubahan air seperti danau besar di tengah-tengahnya. Sekilas nampak seperti Fjord di Norwegia dalam skala lebih kecil, sesekali terlihat sosok kapal pesiar berbadan besar dari nama perusahaan terkenal parkir di teluk nya.
Pilihan yang tepat adalah ketika saya memilih tinggal di dalam kota tua saat berada di kota Kotor, saat kaki ini melangkah masuk di antara 2 pintu gerbang tinggi besar terbuat dari besi, seketika itu juga saya seperti memutar waktu kembali ke masa peradaban kuno, visualisasi yang terbentuk saat itu adalah seperti  serial tv kesukaan saya, Spartacus.
Mencari dimana letak hotel yang telah saya pesan sebelumnya merupakan masalah lain yang timbul ketika gang-gang kecil di dalam kota tua yang berbentuk bagai labirin itu membuat kita mudah tersesat, apalagi untuk pendatang baru, membaca peta dengan lihai wajib hukumnya untuk dapat menemukan alamat tersebut.

Day 7
Kotor, Montenegro
Semenjak saya tiba di negeri ini, cuaca benar-benar tidak bersahabat, walaupun demikian hujan yang tak berhenti semenitpun itu membuat kota Kotor justru menarik, wangi harum tanah yang tersiram air dari langit dan dinding-dinding bangunannya yang terbuat dari batu ratusan tahun basah terkena air air hujan .

Bangunan yang paling mengesankan di kota ini yang juga merupakan favorit saya adalah Gereja Katedral St Triphon yang dibangun sejak abad ke 8 yang silam namun karena gempa bumi pada abad ke 12 yang mengakibatkan kerusakkan, gereja ini pun direnovasi, tampak puluhan turis kerap kali berdiri di depan bangunan ini sekedar untuk mengabadikan dalam bentuk foto. Gereja ini memiliki peran paling penting di Kotor, dibangun untuk menghormati santo pelindung kota, terlihat 2 menara lonceng yang mendominasi halaman muka nya.
Cerita selanjutnya mengenai kota Kotor di Montenegro :

Day 8
Kotor , Montenegro –-) Belgrade, Serbia
Bangun pagi pagi sekali saat berlibur itu rasanya menyiksa, namun tak apalah demi mengejar bis yang berangkat pukul 5:30 dari terminal bis Kotor.

Dari kota tua Kotor menuju terminal bisa ditempuh dalam waktu 15 menit saja dengan berjalan kaki. Kebetulan saya telah mengantongi tiket bis yang telah saya beli satu hari sebelumnya, karena betul saja ketika tiba di terminal, loket penjualan tiket masih tutup dan tidak akan buka sampai pukul 7 pagi.

Harga tiket yang dibandrol seharga €32 rasanya murah untuk perjalanan selama 12 jam kelak.

Day 9
Belgrade, Serbia
Beredar mengelilingi kota Belgrade bisa dimulai di Republic Square atau alun alun kota, letaknya ditandai dengan patung Mihailo Obrenovic yang sedang mengendarai kuda, oleh karena itu alun alun ini pun sering disebut sebagai 'kod koja' atau 'by the horse'.

Republic Square dikelilingi oleh beberapa bangunan tua nan bersejarah seperti National Theater, National Museum dan Knez Mihailova Street.
Balai kota Belgrade yang dulunya adalah The Old Royal Palace dibangun pada tahun 1881, merupakan tempat tinggal Raja Raja Serbia pada masa nya, berhadapan dengan bangunan tersebut terdapat The National Assembly of Serbia.

Tahukan kamu bahwa hiburan malam teramai di dunia adanya di kota Belgrade ini? Saya pun terkejut mengetahui fakta ini, not even Spain? Di sepanjang jalan Skadarlija inilah pusat hiburan malam berada, puluhan kafe, restoran dan klab malam tersedia untuk mereka yang ingin menikmati keriaan malam. Musik hidup dari band yang memainkan beragam musik senangtiasa menemani sampai pagi tiba.
Kelanjutan cerita mengenai Belgrade, bisa dibaca disini:

Day 10
Belgrade, Serbia --) Home
Hari ini hari yang tak saya tunggu-tunggu kehadirannya, karena waktunya kembali ke realitas, kembali ke rumah.

How to Get There
A.) Qatar Airways : Jakarta – Doha – Ankara – Belgrade
Durasi penerbangan 19 Jam , harga tiket bulan Oktober €1093 / Rp. 13.740.000

B.) Pilihan lain, dengan Qatar Airways dari Singapura : Singapura – Doha – Ankara – Belgrade
Durasi penerbangan 18 jal, harga tiket bulan Oktober €727 / Rp.9.139.000
Sedangkan penerbangan dari Jakarta ke Singapura bisa dihemat dengan menggunakan maskapai lainnya yang lebih murah.

C.) Wizz Air adalah maskapai penerbangan low cost yang melayani penerbangan ke Belgrade dari kota-kota besar di Eropa seperti Brussels, Roma, Paris, Munich, Oslo, Rhodes, dll.
Website : http://wizzair.com

Mata Uang
Serbia                     : Serbian Dinar, 1 SD = Rp.115,-
Bosnia-Herzegovina : Bosnian Mark, 1 KM = Rp. 6.300,-
Kroasia                   : Kuna, 1 HRK = Rp. 1.689,-
Montenegro             : Euro, € 1 = Rp. 12.500,-

Transportasi antar kota di area Balkan:
(Jarak antar kota di bawah ini, ditentukan juga dengan berapa panjang antrian di imigrasi perbatasan)

A.) Belgrade, Serbia menuju Sarajevo, Bosnia-Herzegovina dengan bis umum: 8 Jam
Biaya : SD.2500 / Rp.283.000,-

B.) Sarajevo menuju Dubrovnik, Kroasia dengan bis umum: 4 Jam
Biaya : KM.45 / Rp. 289.000,-

C.) Dubrovnik menuju Kotor, Montenegro dengan bis umum : 3  Jam . Biaya :  HRK.23 / Rp. 38.000,-

D.) Kotor menuju Belgrade dengan bis umum : 12 Jam
Biaya : €32 / Rp. 402.000,-

Where to Stay
1. Serbia :
Vila Terazije ( Rate per hari: Rp.750.000,- )
Prisrenska 1, Stari Grad, Belgrade
www.vilaterazije.rs
2. Bosnia-Herzegovina :
Apartman "Baščaršija-live" ( Rate per hari: Rp. 380.000,-  )
Obala Kulina Bana 41/3
71 000 Sarajevo

3. Kroasia :
Vila Homa (Rate per hari: Rp.817.000,-)
Boskoviceva 7
Old Town Dubrovnik, Croatia

4. Montenegro :
Hotel Rende Vouz ( Rate per hari: Rp.620.000,-  )
Pjaca od mlijeka 584
Kotor – Montenegro
Phone : +38269043377
Email  : rendezvouskotor@yahoo.com

The Best Time to go to Balkan
Bulan Mei hingga Oktober, karena cuaca yang panas dan kering dengan suhu tinggi siang hari rata-rata 30°C . Matahari pun bersinar sampai pukul 9:00 malam.

41 comments:

1. Kalau pengurusan visanya gimana ? Trus bahasanya gimana?

ReplyDelete
  2. mau tanya, itu untuk menuju ke montenegro, diperlukan visa serbia juga ya kalau melewati serbia?

1. iya visa Serbia wajib untuk pemegang paspor Indonesia

2. Mbk mau tanya syarat visa kesana butuh apa ajha thanks

3. Maaf mau tanya, saya akan mengunjungi teman di serbia. Bagaimana cara mengurus visa nya? Kalau melalui travel agency tolong kasih tau nama angency nya apa? Terima kadih

1. Lgs urus visa nya di kedutaan Serbia di Jakarta aja ya :

Jl. HOS Cokroaminoto No.109, RT.6/RW.4, Gondangdia, Menteng, JKT
      Phone: +62 21 3143560

Delete
  4. Mas sulit gak ajukan visa Serbia nya, aku pengen donk ikut cara mas ajukan visa nya apa saja syarat nya? Saya berkunjung menjumpai teman disana apakah yang harus saya lakukan mas saat interview visa Serbia apakah bisa lolos?

1. baca disini ya dokumen2nya, lengkap :

Delete
    2. Saat mbak/Mas ajukan visa apakah langsung di approved, untuk saya paspor saya adalah stempel malaysia saja apakah itu akan pengaruh bahwa saya hanya liburan bukan untuk bekerja/lari

5. Berapa dana tabungan yang dia minta mas? Spesifik dana harus berapa

Replies
    1. 50 Euro dikalikan berapa hari disana mas, dan bookingan hotel lengkap dan tiket pulang

Delete
    2. 50 euro perhari apakah didalam buku tabungan atau kita bawa Cash kesana mbak? Maklum masih awam oh ya mbak apakah mbak membuat visa transit juga? Maaf banyak ngoceh hahaha

3. di dalam buku tabungan mas, harus ada dana minimal segitu kalau dibaca di situs kedutaannya, kalau punya uang lebih jelas lebih bagus ya.

visa transit gak perlu kalau tiket pesawatnya direct ke Belgrade, sebelum beli tiketnya minta bantuan orang travel ya untuk ngecek lagi.

Delete
  6. 10 hari mbak/Mas. Apakah pengajuan dengan dokumen yg sudah kita lengkapi harus dikirim ke mana? Apakah mbak saat pengajuan visa dokumen nya di kirim melalui email embassy? Dan proses berapa lama, apakah akan di dijamin approved visa nya?

Replies
    1. itu link di atas di buka mas, datang langsung ke kedutaan Serbia dan bawa semua dokumen yang diminta, proses tergantung pihak kedutaan mas, bukan saya ya :) good luck !

Jl. HOS Cokroaminoto No.109, RT.6/RW.4, Gondangdia, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350, Indonesia
      Phone: +62 21 3143560

Delete
  7. Mbak maaf visa schengen negara apa yang boleh masuk serbia? Apakah lebih baik saya ajukan visa schengen? 7 hari saya kalau benar bisa schengen tipe apa yang harus saya buat saya takut di tolak jika ajukan visa serbia

ReplyDelete
  8. lebih ribet mas, schengen visa harus dipakai dulu masuk di negara2 Schengen baru bisa ke Serbia. Keknya kalau tujuannya hanya ke Serbia , urus aja di kedutaan Serbia nya !

Replies
    1. Halo kalau saya mengunjungi negara Schengen dulu baru ke negara Balkan, apakah masih harus menggunakan visa masing2 negara atau cukup dengan Schengen saja?

Delete
    2. cukup schengen aja, tp dipakai dulu untuk masuk schengen ya beberapa hari lah

3. Hello,
      Saya kebetulan punya visa schengen yg masih valid sd 2021
      Menurut keterangan mbak kan mst masuk schengen countries dl, trs br bs masuk ke Serbia dan negara2 balkan lainnya yg menerima visa schengen.

Pertanyaan saya, let say sy masuk dr Amsterdam, trs dr Amsterdam sy terbang ke Belgrade, apa artinya gak perlu apply visa Serbia lagi? Begitu?

Delete
    4. Untuk serbia sekarang udah bisa masuk tanpa visa untuk pemegang paspor Indonesia, jd bs langsung kesana aja with or without ur valid schengen visa

9. Halo mbak, thanks buat info nya selama ini, Satu lagi mbak, saat ajukan visa serbia atau schengen apakah mereka meminta tabel/agenda rencana perjalanan kita? Atau memang sengaja di buat aja agenda perjalanan nya?boleh kasih rekomendasi mbak? Thanks mbak.

Replies
    1. kalau gak salah ada di formulir nya pertanyaan seperti itu, jd tinggal dijawab aja pertanyaannya. Tp ga ada salahnya untuk disiapin juga, jaga2 ditanya bakal ngapain aja di negara tersebut.

Delete
  10. Mbak teman saya bilang saya gak perlu booking hotel karena dia bakal tanggung jawab untuk saya tinggal di rumah dia dan juga biaya saya semua disana dia yang bayar apakah saya masih harus memberi bukti tabungan saya selama 3 bulan? Apakah surat undangan sebagai tamu teman saya akan lebih kuat dari pada booking hotel, atau saya lebih baik booking hotel saja supaya mereka tidak berpikir yang macam macam?

Replies
    1. ohhh kamu tidak menjelaskan dari awal kalau kamu diundang, nanya nya kemana2 kan ya, jadi saya jawab sesuai pertanyaanmu.

Kalau diundang ya lampirkan saja undangan dari si pengundang, beres!

Delete
  11. Hai mbak apa kabar... Terima kasih info nya mbak, iya nih mbak saya sejak awal nm sudah bayar booking hotel tapi ketika saya memberi kabar ke teman saya bahwa saya telah membayar uang hotel dan dia baru menyebutkan untuk apa kamu bayar biaya hotel lebih baik kamu tinggal di rumah saya dan saya mengirim surat undangan untuk sebagai tamu saya semua biaya makan dan tinggal saya yang akan tanggung tapi saya belum cancel booking hotel saya, nah apakah ketika surat undangan saya lampirkan nanti apakah saya masih harus lampirkan buku tabungan saya atau tidak? Apakah si pengundang juga wajib kirim rekening tabungan saldo milik teman saya? atau saya dan teman saya tidak perlu sama sekali lampirkan? Terima kasih mbak

Replies
    1. saya tahun 2014 mengajukan visa di tolak sama serbia sebanyak 2x tanpa alasan yang jelas. padahal semua syarat udah di ajuin seperti booking hotel, rekening 3 bulan terakhir, surat sponsor karena saya diundang oleh relasi saya yang ada di serbia. udah ngimpi2 pengen kesana sama jalan2 naek sepeda karena udah di rencanakan sama temen saya yang di sana akan traveling pakai sepeda.

diceritain juga kalo sepanjang sungai sava banyak cafe2 and club yang rame banget secara hobbynya sama traveling sama mabok hehehe...

12. HYE MBAK ,
    Kalau cuman untuk turist harus punya surat sponsor atau enggak ?

ReplyDelete
  13. Saya berencana ke bosnia saja, tidak serbia. Tapi visa yang saya pakai adalah Schengen belanda.
    Bolehkah saya langsung terbang ke Sarajevo dari Istanbul?

Jadi, saya ke bosnia tidak dari negara Schengen. Yang sudah2, saya berangkat dari negara Schengen ke negara uni eropa yang bukan Schengen.

Terimakasih

Replies
    1. ke negara Schengen dulu, visanya dipake dan di cap, jalan2 dulu di Schengen, baru deh bisa ke Bosnia pake visa Schengen

14. Mas,
    Saya rencana kunjungan karena undangan teman d Serbia..untuk kalau sy pesan tiket ny via online travel agent apakah msh harus apply utk visa transit d abu dabi?

Replies
    1. Tergantung pesawatnya transit dimana, kl Etihad pasti transit di Abu Dhabi.

Delete
  15. mba, kalau masuk bosnia setelah sebelumnya jalan2 di hungary, apakah boleh hanya menggunakan visa schengen?
    terima kasih.

ReplyDelete
  16. Mba mau tanya kalau trip ke eastern europe memungkinkan ga sih utk sewa mobil?

17. Untuk ke Serbia skr pemegang passport Indonesia sudah bebas visa utk kunjungan selama 30 hari per tahun.

ReplyDelete
  18. hi mba, mau nanya. Selama ke negara tersebut menggunakan publik transport ya semuanya? selama di dalam kota tersebut apakah cukup aman dan nyaman menggunakan transport publik? atau semacam kopajag kita nih yang gak tau jam berapa datangnya ahahaha. Tks u

Replies
    1. kl antar kota di dlm negara atau negara tetangga, iya pakai bus umum, kalau explore kotanya sih rata2 jalan kaki, sengaja pilih penginapannya yang di tengah kota. sisanya aku udah email kamu ya...

19. Saya mau tanya
    Utk itin di atas kan tdd dari negara serbia -- bosnia -- kroasia -- montenegro -- serbia. Utk visa hanya urus di serbia aja sudah bs utk masuk bosnia kroasia dan montenegro?atau mesti urus visa bosnia, kroasia dan montenegro?

ReplyDelete
  20. Hi mba, sy rencana mau pergi ke Serbia, jika bebas visa 30 Hari aja ,apakah dokumen cukup passport Dan tiket aja, apakah perlu jg ke embassy di Jakarta, karena sy tinggal di batam bisa via Singapore, apakah pihak Singapore byk pertanyaan di imigrasi nya, sy rencana ke Serbia hanya jln tapi rencana saya setelah Di Serbia dalam waktu semingguan sy akan berusaha mo cari relasi utk dapat kerja, perkerjaan sy welder, ada beberapa orang batam kerja di Serbia via agency, namun karena pake system keluarga dan kesukuan sy merasa tersisih makanya sy dengan modal speaking lumayan sy akan Cara mandiri atau personal aja, mba tolong saya ,agar saya impian sy kerja saya terkabul terima kasih

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.