Cara Pembuatan Visa On Arrival ( VOA ) Indonesia

Tahun ini para pengunjung atau turis yang datang ke Indonesia dipermudahkan dengan adanya fasilitas visa on arrival yang dapat diproses di bandar udara di beberapa kota besar di Indonesia.

Awal tahun 2003 saya sempat datang ke Indonesia dan mencoba untuk mengurus VOA Indonesia untuk suami saya yang memiliki kewarganegaraan Belgia.Sayangnya beberapa kali mencoba untuk melakukan proses visa on arrival ini selalu ada halangan di bagian registrasi.

Tapi di bulan September 2003 kebetulan kami kembali ke Bali, Indonesia lagi dan saya mencoba untuk mengurus VOA dan ternyata sepertinya fasilitas ini sudah diperbaiki sehingga prosesnya lancar dan tidak banyak dokumen yang harus diserahkan. 

Keberuntungan memiliki VOA sebelum tiba di bandara adalah kita bisa lewat loket VOA yang seringnya ngantri dan juga kadang kita enggak punya rupiah atau dolar untuk dibayar, sedangkan loket hanya menerima dua kurs tersebut.

Berikut cara mudah pembuatan VOA untuk para pengunjung warga negara asing yang akan datang ke Indonesia :

1. Siapkan di gadget kamu foto paspor, foto diri dan informasi mengenai alamat kamu di Indonesia [ saya menggunakan alamat hotel yang bakal kami inapi setibanya di Indonesia ]

2. Masuk ke situs : www.molina.imigrasi.go.id dan lakukan registrasi dengan memasukkan data diri dan email yang valid 

3. Setelah registrasi dan login sukses, lanjutkan dengan mengisi formulir online, contohnya seperti di bawa ini 







4. Setelah semua kolom diisi dan juga melampirkan secara online paspor dan foto diri, maka muncul halaman untuk melakukan pembayaran. Pembayaran VOA Indonesia dapat dilakukan dengan kartu debit ataupun kartu kredit visa, Mastercard atau JCB.



Biasanya akan muncul halaman untuk mengotorisasikan seperti foto di atas, kebetulan saya bayar dengan kartu Mastercard keluaran Belgia.

5. Selanjutnya akan ada konfirmasi jika pembayaran telah sukses. 


6. Cek email yang kamu pakai untuk registrasi dan VOA Indonesia bisa di download atau bisa juga cek di feature situs Molina karena disana kamu juga dapat mendownload VOAmu disana. 

Memiliki VOA sebelum keberangkatan ke Indonesia itu bikin urusan jadi sat set sat set, dengan VOA kita bisa langsung melaju ke loket imigrasi, apalagi kalau kamu punya penerbangan lanjutan, ini benar-benar hemat waktu. 










1 comment:

  1. Ga susah ternyata yaaa.. memang lebih enak prepare sebelum tiba di negara tujuan mba. Aku selalu kuatir kalo udah menyangkut visa nih.

    Skr aja lagi nungguin evisa Georgia, sampe skr blum kluar2 😖. Mana gagal Mulu pembayaran dari Indonesia. Terpaksa minta bantuan temen di Malaysia yg buat dan bayarin dulu. Aku jadinya TRF ke dia. Walopun evisa, tapi kan ttp ada kemungkinan ditolak.

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan

INSTAGRAM FEED

@soratemplates