Review Buku Ikigai, Rahasia Orang Jepang Memiliki Usia Panjang


Jepang dikenal memiliki banyak filosofi, etiket dan moral tentang memaknai kehidupan, salah satunya adalah ikigai. Ikigai adalah konsep yang jika diterjemahkan berarti  "tujuan dalam hidup." Ini adalah filosofi yang menekankan menemukan kebahagiaan, hidup penuh makna dan menjadi kunci orang Jepang bisa berusia panjang.


Rahasia Jepang untuk Kehidupan yang Panjang dan Bahagia

Buku "Ikigai: Rahasia Jepang untuk Kehidupan yang Panjang dan Bahagia" yang ditulis oleh Héctor García dan Francesc Miralles adalah salah satu buku best seller yang menceritakan konsep ikigai secara mendalam, memberikan wawasan dan saran praktis tentang cara menemukan dan menumbuhkan ikigai dalam diri seseorang. 

Kedua penulis ini menghabiskan waktu mendatangi Pulau Okinawa di Jepang yang sering juga disebut sebagai pulau panjang umur karena memiliki populasi banyak manula yang masih aktif dan sehat.





10 Kunci Resep Usia Panjang Ala Orang Jepang 

Berikut 10 kunci panduan utama tentang ikigai yang dapat dijadikan acuan jika kamu ingin berusia panjang seperti orang-orang di Okinawa, Jepang.


1.  Tetap Aktif Walaupun Sudah Pensiun

Penulis buku Ikigai menemukan fakta di Okinawa yang secara statistik memiliki populasi penduduk berusia lanjut, mayoritas dari mereka tetap melakukan pekerjaan yang mereka sukai sehari-hari walaupun secara profesional sudah pensiun. Jamak terlihat di Okinawa, para manula yang masih bersepeda dan membajak ladang.


Related Post : Panduan Singkat Jalan-Jalan ke Kyoto, Jepang


2. Pelan-Pelan

Apapun pekerjaan yang sedang kamu lakukan, hendaklah melakukannya dengan tidak terburu-buru. Disarankan untuk lebih menikmati setiap prosesnya.


3. Makan Secukupnya

Menurut García dan Miralles, salah satu frasa paling populer di Jepang adalah "Hara hachi bu," yang berarti  "isilah perutmu hanya sebanyak 80% saja dan jangan berlebihan”


4. Kelilingi Diri dengan Teman-Teman Baik

Teman dalam konsep ikigai adalah obat terbaik, mereka ada untuk curhat, berbagi cerita, mendapatkan saran, bersenang-senang, dan bermimpi.


5. Tetap Bugar

Orang-orang di pulau Okinawa tidak melakukan latihan yang ketat, namun mereka secara teratur bangun pagi dan menggerakkan otot seperti senam pemanasan yang disiarkan melalui radio setempat.


6. Tersenyumlah

Adalah baik untuk mengingat hal-hal yang mengecewakan atau kegagalan, tetapi kita tidak boleh melupakan betapa istimewanya masih bisa hidup di hari ini di dunia yang begitu penuh dengan kemungkinan.


7. Terhubung kembali dengan alam

Sesibuk apapun manusia, sebaiknya luangkan waktu untuk kembali ke alam karena alam adalah obat terbaik untuk kesehatan mental. Seperti jalan dengan kaki telanjang di atas rumput, trekking di hutan dan aktivitas berada di alam lainnya.


8. Bersyukurlah

Ucapan syukur adalah bentuk ungkapan rasa berterima kasih kepada Tuhan, orang lain dan juga diri sendiri yang sebaiknya dilakukan setiap saat. Banyak yang membuat daftar melalui jurnal harian tentang daftar apa saja yang patut disyukuri setiap harinya, ini bisa menjadi terapi yang sehat untuk jiwa dan mental.


9. Hidup di Saat Ini

Berhentilah menyesali masa lalu dan takut akan masa depan. Hari ini adalah yang kamu punya, maka nikmatilah.


10. Temukan Ikigai-mu

Ikigai adalah bahan bakar kehidupan. Manusia harus ingat untuk melakukan sesuatu yang disuka, tentunya dengan dikelilingi oleh orang-orang yang mencintai dan mendukung kita.

No comments:

Post a Comment

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan

INSTAGRAM FEED

@soratemplates