Pesta São João di Portugal, Heboh Ramai dan Seru



Pas Keiko ulang tahun ke 4, kami memutuskan untuk jalan-jalan ke Porto, Portugal. Di saat yang bersamaan God Parents Keiko dari Indonesia juga lagi liburan di Portugal, jadi kita rame- rame seseruan selama beberapa hari di Porto dan juga di Guimaeres.

Siapa disangka ternyata selama kami di Porto, berbarengan dengan diadakannya acara tahunan yang meriah, namanya Pesta Sao Joao.

Salah satu elemen yang terlucu yang dibawa-bawa orang selama festival berlangsung adalah gebukan dari plastik kayak palu raksasa gitu, nah terus kalau kita ketemu orang yang lewat, kita wajib gebuk kepala atau badan mereka, kebayang kan serunya gimana, apalagi buat Keiko yang heboh sendiri antara ngegebuk orang atau kena gebuk.


Acaranya dimulai dari jam 3 sorean sampe besok paginya ha haha karena emang serame itu.


Berikut artikel lengkap yang tentang Pesta São João yang pernah aku tulis untuk platform media di Indonesia :


,





******


Pesta São João adalah festival terpenting di kota Porto, Portugal, untuk merayakan pesta Santo Yohanes, santo pelindung kota, sekaligus menyambut titik balik matahari di musim panas atau yang biasa disebut dengan the summer solstice. 


Kapan Festas de São João dirayakan?

Festas de São João di Porto berlangsung beberapa hari,São João 2023 dirayakan dari 16 Juni hingga 2 Juli. 

Perayaan ini biasanya berlangsung di pusat kota, terutama di distrik Ribeira dan Avenida dos Aliados.



Pukul-Pukulan dengan Palu di Acara Festival

Elemen festival yang paling aneh dan menyenangkan adalah penggunaan palu (martelos de São João) dan bunga bawang putih (alho-porro). Jalan-jalan di Porto dipenuhi dengan orang-orang yang dengan riang saling memukul di kepala dengan palu lembut dan melambaikan bunga bawang putih. Bukan palu sungguhan kok, tapi palu yang lembut dari bahan plastik yang tidak akan menyakiti siapapun.


Tradisi unik ini diyakini telah berevolusi dari ritual pagan kuno yang melibatkan karangan bunga daun bawang dan roti gulung yang lembut. Seiring waktu, elemen ini digantikan dengan palu plastik dan bunga bawang putih.


Menerbangkan Lampion ke Langit

Saat malam tiba, langit Porto berubah menjadi kanvas ajaib selama Festival São João. Pertunjukan kembang api yang menakjubkan adalah pokok perayaan, menerangi pemandangan kota dengan semburan warna-warni,  lampion juga diterbangkan ke angkasa bersama keluarga mereka, seraya mengucapkan pengharapan dan impian.


Festival São João adalah tentang semangat komunitas, sejarah budaya, gelak tawa, kebanggaan bangsa Portugal yang telah ada sejak turun temurun. Tidak memandang usia, karena festival ini ada untuk segala usia, tua dan muda, dari anak kecil sampai orang dewasa.

Untuk kamu pecinta festival di seluruh dunia jangan lewatkan untuk menikmati Festival São João ini yang diadakan setiap tahunnya di bulan Juni sampai Juli.



1 comment:

  1. Isssh menarik bangetttt 😍😍😍. Iya ini mah anak2 juga seneng kalo ketemu festival begini ya mba. Aku blm pernah ajakin anak2 liburan ke negara yg sedang mengadakan suatu festival gini. Nanti deh, biar mereka tahu juga yg namanya tradisi unik suatu tempat 😄

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan

INSTAGRAM FEED

@soratemplates