Empanada - Cemilan Khas Argentina, Favorit Pesepakbola Messi, Mirip Panada



Empanada berasal dari kata “empanar” yang  berarti dibungkus dalam roti.  Karena pada proses pembuatannya adonan empanada diisi dengan berbagai isian protein seperti daging, ikan, keju, sayuran dan kemudian adonan tersebut dilipat menutupi isian tersebut lalu kemudian dipanggang.


Sejarah dan Asal Muasal Empanada

Resep asli Empanada dibawa oleh bangsa Spanyol ke Amerika Latin dan Filipina pada jaman kolonialisme dan saat ini dapat dengan mudah dijumpai di seluruh dunia mulai dari sebagai dagangan kaki lima sampai makanan pembuka di restoran.


Evolusi empanada di Indonesia biasa kita kenal dengan panada atau pastel. Bahan utama adonannya serupa dengan empanada dan isian dalamnya biasanya diisi ikan dan bumbu sambal kemangi untuk panada, sedangkan untuk pastel selain sayuran, biasa diisi juga dengan daging cingcang atau ayam dan bihun.


Makanya tiap lihat konter jual empanada, pasti deh aku mampir untuk beli, karena nostalgia sama panada, snack Indonesia favorit hihii terus saus favoritku biasanya kayak sambal salsa yang segar, pas banget nyummnyyaaa, ditanggung langsung kenyang juga ;-)








Empanada Memiliki Peran Penting Dalam Kuliner Argentina

Empanadas merupakan bintang kuliner penting dari budaya Argentina, menjadikannya sebagai makanan ringan yang populer dan sering disajikan di pesta dan pertemuan sosial lainnya.

Popularitas empanada di Argentina disebabkan oleh populasi keturunan Spanyol yang cukup besar di negara itu dan membuat empanadas menjadi kuliner pokok Argentina, dan dinikmati rakyatnya dari semua latar belakang.


Empanada Masuk Dalam  Menu Pesta Pernikahan Lionel Messi

Pada pesta pernikahan Messi, empanada juga menjadi salah satu menu pembuka di acara pesta pesepakbola legendari asal Argentina ini. Isian empanada yang dipilih adalah mozarella dan ham, lalu isian empanada daging dan ikan.



No comments:

Post a Comment

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan

INSTAGRAM FEED

@soratemplates