Pengalaman Pertama Jalan-Jalan ke Iceland + Many Tips



Jika ada negara yang mendadak ngetop dan kebanjiran turis karena negaranya dipakai sebagai lokasi pengambilan gambar dalam serial televisi, sudah pasti jawabannya adalah Islandia. Sejak serial TV paling ngetop di abad ini yang berjudul Game of Thrones sukses menyihir para pencinta sinematik, Islandia pun tidak luput dari perhatian karena panorama alam yang unik dan indah.

Jelajah Islandia bisa dimulai dari Reykjavik yang adalah ibukota Islandia. Siapkan jaket tebal ya, karena apapun musimnya Islandia memiliki temperatur yang cukup dingin, apalagi untuk ukuran orang tropis. 



Content Lists :
1. Perjalanan ke Islandia Dimulai dari Reykjavik
2. Rekomendasi AirBnB, Penginapan di Reykjavik
3. Rekomendasi Tour & Travel di Iceland
4. Keliling Air Terjun di Islandia jadi Agenda Utama Jalan-Jalan di Iceland
5. Tempat ngopi – ngopi di Reykavik 
6. Makan Apa di Islandia ?
7. Weekend-an di Kolaportid Pasar Loaknya Orang Iceland  

Perjalanan ke Islandia dimulai dari Reykjavik


Reykjavik hanya memiliki 120.000 jiwa penduduk saja, dan kota ini menyandang status sebagai kota yang memiliki udara terbersih di dunia, paling ramah lingkungan dan paling aman. 
Saya memulai jelajah Iceland dari ibukotanya, jamak ya karena disini ada bandara Internasionalnya sehingga mudah untuk observasinya.  

Jelajah down town Reykjavik sangat menyenangkan, walaupun penduduknya sedikit, daerah ini terasa hidup dan atmosfernya sangat hangat. Di tengah kota pelancong dapat melihat ikon kota, Hallgrímskirkja. Ini adalah gereja terbesar di Islandia dan merupakan bangunan tertinggi di Reykjavik. Perlu 41 tahun membangun gereja ini dimana desainnya terinspirasi dari aliran lava basalt di alam Islandia. 
Di depan plataran gereja terdapat patung Leif Ericsson, penjelajah Viking yang berlayar ke Amerika Utara pada abad ke 10 dan diyakini telah tiba 500 tahun lebih awal daripada Columbus. Amerika Serikat memberi patung ini ke Islandia pada tahun 1930.

Pecinta desain arsitektur pasti akan terpesona dengan Harpa, gedung konser dan konferensi, terletak di antara pusat kota dan tepat di depan laut Atlantik, bangunan ini adalah landmark kota Reykjavik. Dirancang oleh seniman Olafur Eliasson, concert hall Harpa ini mengambil desain alam Iceland, memiliki empat ruang dan menampung 1800 pengunjung. 

Tidak ada istilah mengurung diri di dalam ruangan walaupun udara dingin, asal menggunakan pakaian yang tepat kita masih bisa menikmati keindahan Reykjavik bersama orang lokal, kapan lagi bisa berjalan di atas danau yang beku atau bermain seluncuran dari atas bukit. 


Hallgrímskirkja


Harpa Building - Reykjavik

Reykjavik

Viking Boat in Reykjavik


Rekomendasi AirBnB di Reykjavik


Selama di Reykjavik saya menggunakan AirBnB sebagai tempat tinggal.  Dari segi lokasi, harga, review yang baik, dan percakapan saya dengan hostnya yang lancar dan cepat, akhirnya saya memilih apartemen ini → https://www.airbnb.com/rooms/13934160

Awalnya apartemen ini saya akan berbagi tinggal dengan si host, tapi karena hostnya lagi konser di Amerika, jadilah apartemennya bisa saya nikmati sendiri, tapi walaupun tinggal sama hostnya sekalipun kita dapat kamar yang luas lengkap dengan living roomnya kok.
Saya tiba sudah cukup malam dan lumayan mudah menemukan apartemennya walaupun beberapa kali kepleset karena lagi saljuan banget. Room mate host saya ini setia banget nungguin padahal saya datang lumayan molor dari waktu yang dijanjikan, saya disambut dengan sangat hangat sehangat apartemennya. Ini asli ya penting banget fungsi heater itu di negara seperti Iceland, demikian juga air panas yang mengalir lancar. Gak kebayang kan kalau harus kedinginan karena heater mati atau air panasnya mati :(

AirBnB in Reykjavik - Left : Kitchen Area

view from our bed and living room

AirBnB in Reykjavik

Tea collections in AirBnB

Apartemen yang saya inapi ini sangat nyaman banget dan bersih, demikian juga unit apartemen secara keseluruhan. Tersedia dapur berikut utensilnya yang lumayan lengkap, terserah aja kalau mau dipakai, either untuk siapin sarapan, ngeteh, atau bahkan bikin makanan lengkap, karena emang dapurnya memadai untuk itu.



Untuk kamu yang baru pertama kali menggunakan AirBnB, bisa lho dapat diskon sampai  €30 atau sekitar Rp. 520.000,- untuk memesan AirBnB, caranya langsung tinggal klik link ini aja dan activate your first booking : www.airbnb.com/c/fjozephine




Rekomendasi Tour and Travel di Iceland 


Musim dingin tahun 2017 - 2018 ini bisa dibilang musim dingin yang cukup parah, terlebih saya berangkat di bulan Februari yang adalah bulan yang paling dingin, wong Maret saja di beberapa negara di Eropa Barat masih saljuan. 
Rencana awal kami untuk menyewa mobil selama di Iceland hanya dilakukan beberapa hari di depan saja, lalu selanjutnya kami bergabung dengan tour dan travel di Iceland, dan betul saja beberapa kali jalanan di Iceland ( dan bandara ) ditutup karena badai salju yang terjadi di Iceland beberapa kali. 

Untuk kamu yang stick with the plan untuk sewa mobil selama di Iceland, keluar dari area pengambilan bagasi di bandara Reykjavik, langsung akan terlihat jasa sewa mobil seperti Budget, Avis, dll, selain itu juga ada mesin ATM dan money changer. 

Setelah membandingkan harga paket tour dan dari beberapa rekomendasi teman, saya mendaratkan pilihan untuk mengambil beberapa paket dari Gray Line Iceland. Kalau dilihat dari paket yang ditawarkan banyak destinasi dan excursion yang memang mau kita ambil dan untuk harga saya rasa ini tour travel yang paling murah di Iceland. 

Cara booking excursionnya semua serba online yang kemudian konfirmasinya akan dikirim melalui email kita. Mulai dari paket Aurora Hunting sampai keliling di beberapa air terjun, juga airport shuttle semua saya pakai Gray Line Iceland. Ini enak banget sih ya untuk atur anggaran dari jauh-jauh hari kalau mau ke Iceland, jadi sudah bisa diperkirakan akan habis berapa atau berapa budget yang diperlukan jika ingin ambil beberapa excursion selama di Iceland. 

Sepertinya yang membuat Gray Line Iceland ini murah karena armadanya banyak dan memuat banyak orang juga, tapi walaupun banyak pesertanya saya sih gak merasa kayak di anak tiri kan kok, semua dapat perhatian yang sama, informasi dari pemandu yang jelas dan rhytmn yang sama juga. 


Salah satu keluarga dengan anak balitanya yang ikut tour Grayline selama di Iceland

Oh ya peraturan di Reykjavik, untuk semua armada yang membawa turis itu tidak diperbolehkan masuk sampai ke kota tua, tapi banyak stop point yang bisa dipilih, terdekat dari hotel/airbnb tempat kamu menginap. 
Untuk yang tinggal di area kota tua nanti akan ada mobil ukuran lebih kecil yang akan membawa ke tempat pemberhentian bus di terminalnya. Begitu! 
Tadinya saya sempat bingung juga pas dari airport, kok bus nya berhenti di terminal terus kita ditanya-tanyain nginap di area apa di Reykjavik nya, oh ternyata untuk melanjutkan perjalanan ke kota tua dan sekitar ada armada kendaraan yang lebih kecil yang akan menibakan kita tiba sampai di stop point terdekat tempat kita menginap. 

Untuk trip mencari aurora, kalau gabung sama Gray Line Iceland dan di malam itu kita tidak berkesempatan untuk melihat aurora, bisa mendapatkan trip berikutnya di malam lain secara gratis. Lumayan banget sih kondisi tour seperti ini, gak kebayang kalau gak dapat aurora dan uangpun melayang, apalagi kalau berdua ya bo, sudah melayang aja 90€ atau sekitar Rp.1.500.000,- hiksss 


Informasinya seperti ini kalau tour aurora kita dibatalkan, biasa dikirim ke email atau bisa dicek langsung di websitenya Grayline

Terus ya enaknya lagi, kalau pagi sampai sore kita gabung dengan excursion trip program lain, misalnya lihat air terjun, nah si pemandu wisata sekitar jam 5 sore an akan menginformasikan apakah malam itu ada penampakkan aurora atau gak, kalau ada ya udah kita harus siap-siap malamnya ( biasa dijemput jam 9 malam ), atau kalau menurut perkiraan cuaca si aurora bakal gak muncul ya udah deh booking lagi untuk malam selanjutnya. 
Ini salah satu keuntungan juga kalau bookingnya dari tour yang sama, karena para pemandu ini akan berkordinasi dan kita juga ga akan ketinggalan bus untuk malamnya. 

Keliling Air Terjun di Islandia jadi Agenda Utama Jalan-Jalan di Iceland


Karena memiliki koleksi sekitar 10.000 air terjun, tidak heran jika atraksi utama para pelangcong di Islandia adalah mengunjungi air terjun. Bukan wisatawan saja yang terkesima dengan air terjun yang ada di negara dingin ini lho, karena bahkan seorang Justin Bieber karena terpesona dengan keindahan panorama Islandia akhirnya memilih  negara ini sebagai lokasi shooting video klip dalam lagunya yang berjudul "I ll Show You". 






Berikut beberapa air terjun ngetop di Iceland : 

1. Seljalandsfoss 
Seljalandsfoss berada dalam area Taman Nasional Vatnajökull, kawasan gletser terluas di Eropa. Air terjun Seljalandsfoss memiliki tinggi 60 meter dengan dinding-dinding batu kehitaman. 
Meskipun bukan air terjun terbesar tapi sungguh menakjubkan karena ada jalur lingkar yang memungkinkan pengunjung untuk dapat berjalan di balik air terjun, siap-siap basah ya karena semburannya yang sangat deras.

2. Skogafoss
Sedangkan air terjun Skogafoss adalah salah satu air terjun terbesar di Islandia dan yang merupakan paling banyak difoto. Air terjun setinggi 60 meter dan lebar 25 meter ini memang memiliki panorama yang sangat keren. Jika merasa tertantang, tersedia 370 anak tangga untuk dinaikki sehingga kita bisa melihat panorama Skogafoss dari ketinggian. 
Islandia bukan tanpa legenda, diyakini di balik air terjun Skogafoss terdapat peti berisi emas dan harta karun milik Þrasi Þórólfsson, seorang Viking yang pertama kali menemukan Islandia sekitar tahun 900. Ia menyembunyikan peti tersebut di balik goa di belakang derasnya air terjun, ia berkata bahwa siapapun orang pertama yang menemukan peti tersebut akan memiliki kekayaan. 

Tempat ngopi – ngopi di Reykavik 


Traveling tidak melulu mencari monumen klasik bersejarah, seringkali keunikan justru ditemukan di tempat yang tidak dikira. Seperti halnya di ibukota Iceland, Reykjavik, salah satu sightseeing yang unik yang paling ngetop di kota ini justru ditemukan di dalam toilet kedai kopi bernama Cafe Babalu. Iya betul di toilet, toilet yang ini justru toilet yang super cool karena semuanya serba Star Wars.
Sudah bisa dipastikan dong kalau para penggemar Star Wars pasti akan mencari toilet ini jika berkunjung ke Reykjavik.

Mulai dari membuka gagang pintu dengan pintu berlogo Princess Leia Organa, pengunjung langsung diperdengarkan gema musik tema Star Wars karya John Willams yang sangat legendaris, sekejab akan membawa kita ke kapsul travel time dalam film Star Wars. 

Seluruh bagian dinding toilet kafe yang terletak di pusat kota tua Reykjavik ini dipenuhi dengan gambar figur-figur terkenal Star Wars seperti aktor Harrison Ford sebagai karakter Han Solo, R2-D2, Threepio dan ikon Star Wars lainnya. 


Cafe Babalu - place to relax in Reykjavik
Hygge

Cafe yang juga menjual menu makanan pagi sampai dinner ini memang memiliki tema serba permainan dan dunia kartun, dipenuhi dekorasi dan interior mulai dari miniatur keluarga Flintstones sampai nenek sihir. Untuk furniturenya pun sangat retro, seperti masuk ke dalam rumah orang tua penuh dengan barang-barang nostalgia, cocok banget untuk ngopi-ngopi cantik.

Makan Apa di Islandia ?


Ini dia gerai hot dog paling ngetop di Reykjavik Islandia. Tidak mengenal waktu, antrian panjang di depan gerai bernama Baejarins Beztu Pylsur ini dipenuhi pengunjung yang ingin menikmati kelezatannya, bukan saja oleh orang lokal tapi juga turis mancanegara yang rela mengantri. Walaupun nama gerai ini sulit diucapkan, namun sebenarnya artinya cukup sederhana, yaitu "hot dog terenak di kota ini".
Istimewanya daging hot dog yang terbuat dari daging domba Islandia ini terasa gurih dan rotinya yang lembut pada setiap gigitan.


queuing for the famous hotdog in Reykjavik

Seorang abis 3, asli enak banget :-)


Jangan lupa ya, sebutkan “ein með öllu” saat memesan, artinya kita ingin ditambahkan semua saus yang tersedia. Saus yang dimaksud adalah saus tomat, mustard coklat, bawang goreng dan bawang mentah. Hmmm nyumiii!

Satu porsi hot dog dijual seharga 450 krona atau berkisar Rp.60.000,- , tentunya harga yang relatif murah untuk Islandia dan sebanding dengan rasanya yang sangat lezat, satu porsi tidak akan pernah cukup saking lezatnya.

Yang menariknya lagi, gerai hotdog yang berlokasi tepat di pusat kota ini pernah didatangi oleh Bill Clinton, Presiden USA yang 42, saat kunjungannya ke Islandia. Bukan hanya Bill Clinton yang menyukai hot dog ini, tapi juga bintang film Hollywood Ben Stiller saat kunjungannya ke Islandia saat membuat film The Secret Life of Walter Mitty, para pemain serial Game of Thrones, sampai anggota musik Metalica yang masing-masing personilnya memesan 4 hot dog sekaligus. 


Weekend-an di Kolaportid Pasar Loaknya Orang Iceland  


Mau tahu gak, kira-kira orang lokal Reykjavik kalau hari Sabtu dan Minggu pagi hang out dimana ya? Jawabannya adalah di Kolaportid atau pasar loak yang memang hanya buka di akhir pekan saja. 

Kolaportid terletak di depan marina di pusat ibukota Iceland, sangat mudah dijangkau dengan berjalan kaki karena memang terletak tepat di jantung kota. 

Di Kolaportid kita dapat menemukan banyak kios penjual barang vintage seperti penjual koin kuno, perangko atau kartupos tua, pakaian-pakaian vintage dan buku-buku bekas yang biasanya dicari oleh kolektor. 
Dan untuk kamu penggila musik dan piringan hitam, saatnya menambah koleksi kamu karena di Kolaportid banyak vendor yang menjual piringan hitam dari berbagai genre musik pilihan. 
Bicara mengenai musik di Iceland, sudah pasti penyanyi Bjork adalah diva nya. Di salah satu vendor, kamu dapat menemukan segala sesuatu yang berhubungan dengan Bjork, seperti poster asli konser Bjork di Reykjavik tahun 1982, tapi jangat kaget ya karena harganya sekitar Rp. 43 juta saja. Bagaimana? masih tertarik mengoleksinya?  


Pasar Loak di Reykjavik


Walaupun namanya pasar loak, tapi bukan hanya kios-kios penjual barang vintage saja kok yang bisa kamu temukan disini, selain itu banyak juga kios yang menjual produk asli Iceland seperti baju hangat hasil tenunan tangan yang sangat khas Icelandic sekali, maklum saja negara ini selalu dingin sepanjang tahun sehingga produk kerajinan tangan mereka yang berasal dari bahan wol sangat digemari karena memang dibutuhkan sehari-hari. Siapkan saja uang sekitar Rp. 2.000.000,- jika kamu tertarik membeli ' lopapeysa ' atau baju hangat khas Iceland yang super kece ini.  

Vendor penjual makanan asli Iceland juga banyak di Kolaportid, mereka menjual berbagai jenis makanan kaleng seperti salmon asap, ikan cod, garam laut dan lainnya.  Makanan kalengan yang dijual telah dikemas dengan sangat rapi dan cantik sehingga cocok juga lho dibeli untuk oleh-oleh dibawa pulang. 
Tertarik makanan ekstrim? Mungkin fermentasi daging ikan hiu bisa juga tuh dicoba. 

Sedangkan untuk kamu kaum hawa yang suka dengan aksesoris, disini juga banyak kios yang menjual ragam aksesoris yang dibuat dari bahan dasar lava gunung merapi, wah unik sekali ya, maklum saja Iceland kan dikelilingi oleh 30 gunung berapi aktif sehingga banyak batu lava yang dapat ditemui dan oleh para seniman batu lava berwarna hitam tersebut dijadikan aksesoris seperti gelang, anting dan kalung. Harga anting dari batu lava dibandrol seharga sekitar Rp.250.000,- , dan siapkan uang tunai ya karena rata-rata transaksi di pasar ini hanya menerima uang tunai. 



Lets get social !!


9 comments:

  1. keren banget air terjunnya beku... kalau gak keluar negri gak akan bisa lihat yang seperti itu...

    ReplyDelete
  2. Skogafos trus inget-inget peti jaman dulu sarkofagus mirip-mirip pelafalannya hihihihi. Dan keondahan Iceland ini seperti kita sedang berada di dunia lain ya Kak. Superrrr magnifique ^^

    ReplyDelete
  3. Kalo aku nanti ke Islandia, aku bakal buka lg artikelmu ini :). Komplit banget, dan bener2 godaan buat ksana hahahahah.. Tp kyknya memang ga bisa dlm wkt deket. Udh ada bbrp trips yg udh fix -_-. Kmrn itu baca blognya temen yg ke sana, tp dia dan suaminya sewa mobil. Wkt libur mereka banyak sih. Kayaknya aku pribadi mah lbh milih pake local tour juga mb supaya wkt ga kebuang :). Nasib cuti ngepas :p

    ReplyDelete
  4. Keren banget suasana Islandia ya mba. Pengen suatu saat bisa kesana. Gak lupa bookmark dulu itinerarynya. :)

    ReplyDelete
  5. Kerennnn. Jd semangat bikin goal ke Iceland, mudah2an bisa.

    ReplyDelete
  6. Saya berharap pandemi covid-19 segera selesai, keinginan saya untuk mengunjungi Islandia sudah menggebu-gebu :)

    ReplyDelete
  7. Saya berharap pandemi covid-19 segera selesai, keinginan saya untuk mengunjungi Islandia sudah menggebu-gebu :)

    ReplyDelete
  8. Inspiratif nih untuk next trip..kereennn

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan

INSTAGRAM FEED

@soratemplates