Cara Mudah Mengurus E-Visa Azerbaijan Bagi Pemegang Paspor Indonesia

Cara Mudah Mengurus E-Visa Azerbaijan ⏐ image via
Update :

Per tanggal 10 Januari 2017, kebijakkan mengurus visa Azerbaijan semakin dipermudah, bisa langsung diaskes di halaman ini https://evisa.gov.az/en/ dan ikuti saja panduannya. Dalam 3 hari, visa Azerbaijan akan dikeluarkan dan visanya bisa kita print sendiri sebelum keberangkatan.


* * *

Sebenarnya awal mula rencana dari perjalanan Iran kemarin ini adalah menyelipkan kota Baku, Azerbaijan di dalam itinerary nya sampai sudah urus visa Azerbaijan segala. Namun merubah itinerary dan lebih konsen slow travel di Iran ternyata adalah keputusan tepat karena kita jatuh cinta pada pandangan pertama saat tiba di Iran. 
Alasan kedua adalah ketidakpastian mengenai apakah VOA Iran bisa kita apply lagi sekembalinya dari Azerbaijan? Pengalaman VOA India yang hanya bisa digunakan dengan gap waktu beberapa bulan setelah menggunakan fasilitas VOA pertama, asli gak kebayang kalau gak bisa VOA lagi pas masuk Iran sementara tiket kepulangan adalah dari Tehran. 

Ya wes, Azerbaijan nya next time aja, tapi tetap akan saya share informasi mengenai mudahnya mengurus E-Visa Azerbaijan, siapa tahu ada yang perlu.

Baca disini juga artikel lainnya yang ditulis oleh Aggy Dream Explore Wander dan Nyonya Sepatu, kedua artikel ini masih seputaran visa bagi pemegang paspor Indonesia
 Study Abroad: French Visa for Students : http://wp.me/p3L2CT-RV
 Cara membuat visa Jepang di Medan :  http://wp.me/p2Et3Y-3f1

1. E-Visa Azerbaijan Diurus Oleh Travel Agency Azerbaijan yang Ditunjuk Negara

Jadi mengurus visa Azerbaijan bukan dilakukan oleh kedutaan Azerbaijan ya melainkan akan diproses oleh 32 perusahaan travel yang daftarnya bisa dilihat disini : http://jakarta.mfa.gov.az/files/file/travel_1_.pdf

Saya memilih menghubungi travel agency : 
ALEAN TRAVEL COMPANY
Baku, Azerbaijan
Phone: +994 51 324 4338
www.aleantravel.com
email : info@aleantravel.com

Setelah saya kirimkan email dan menjelaskan keperluan yaitu perlu visa turis Azerbaijan untuk periode keberangkatan dan kepulangan yang juga saya cantumkan. 
Feedback yang saya terima cepat sekali, perwakilan Alean Travel Company ini langsung membalas email saya tersebut dan menyertakan persyaratan yang harus saya isi dan lampirkan. 

2. Persyaratan  / Dokumen E-Visa Azerbaijan

Perwakilan staff dari travel company tersebut melampirkan formulir yang harus saya isi dan kembalikan berikut dengan beberapa dokumen tambahan seperti :
- Mengisi formulir aplikasi visa
- Melampirkan scanned copy dari paspor yang masih berlaku ( halaman informasi diri )
- Pas foto dengan latar belakang putih
- Melampirkan scanned copy dari tiket pesawat ( jika menggunakan bus atau kereta, tiket tidak diperlukan )
- Konfirmasi hotel selama tinggal di Azerbaijan
- Pembayaran aplikasi visa 

Mereka tidak menanyakan surat keterangan bekerja ataupun rekening koran. 


3. Biaya Aplikasi E-Visa Azerbaijan 

 - Regular E-Visa (if you make a hotel reservation by yourself) -
Biaya         : USD 55 / person 
Processing :  7-10 business days
- Express E-Visa 
Biaya         : 180 USD per person 
Processing : 4-5 business days

Biaya wisata E-visa tidak dapat dikembalikan.

4. Hotel Selama di Azerbaijan

Persyaratan melampirkan konfirmasi hotel selama di Azerbaijan adalah wajib, bisa dipesan sendiri melalui booking.com atau hotel booking website langganan kamu.
Travel agency yang mengurus E-Visa juga bisa memesankan hotel. Terserah saja pilih yang paling nyaman yang mana. 

Tertarik Mengunjungi Azerbaijan ? ⏐ image via

5.  Informasi Tambahan

Tourist E-Visa dikeluarkan maksimal selama 30 hari berdasarkan periode pemesanan hotel dan tidak bisa diperpanjang atau diubah tanggalnya.

Visa yang disetujui akan dikirimkan melalui email dalam bentuk electronic visa, cetak lembaran tersebut saat keberangkatan menuju Azerbaijan.
Penting diketahui bahwa wisatawan yang pernah memasuki wilayah Nagorno Karabakh akan langsung ditolak permohanan pengurusan visa Azerbaijan nya. 


* * *
 #CeritaJalanAsik is a weekly travel theme where we share our travel stories based on a certain theme by jalan2liburan, nyonyasepatu dan dewtraveller.

Check our posts every Wednesday!
This week’s theme : Visa
 

5 comments:

  1. abang iparku baru dari sana, dgn anggota2 dpr yang terhormat itu -__-. bener2 aku ga ngerti ngapain mereka study banding sampe azerbaijan -__-.. tp kata abangku bgs sih kalo negaranya sendiri, dia juga nyuruh supaya aku kesana kapan2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang bagus hanya di Baku deh keknya mirip2 Dubai yg serba wow, kota-kota lainnya sepertinya keliatan banget miskinnya

      Delete
  2. Saya kemarin telepon kedutaan Azerbaijan di Jakarta kalo VOA kok cuma 20 dollar. Berarti bagusan pake VOA ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, sepertinya ada perubahan harga visa sekarang, saya cek di situs resmi e visa Azerbaijan sekarang 20 USD, ikuti aja ya step by step nya dsini https://evisa.gov.az/en/

      Delete
  3. Kalo dari Indonesia harus ke jakarta ya buat visa nya?

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan

INSTAGRAM FEED

@soratemplates