Gurih dan Empuknya Sate Domba Afrika Haji Ismail Coulibaly



Dengar menu sate domba Afrika memang sudah lama sekali, begitu juga review mengenai sate domba Afrika ini yang sepertinya wow sekali juga, banyak teman-teman saya yang addicted dan penjualannya katanya laku keras, belum sore lagi sudah kehabisan. 

Menjelang keberangkatan kami ke bandara karena waktu berlibur di Indonesia telah usai, teman Afrika yang sedianya mengantar kami ke bandara memaksa kami untuk berhenti sebentar di Petamburan di rumah makan yang menjual khusus sate domba Afrika itu. Rumah makan pertama di Indonesia yang menjual sate domba katanya. 




Karena kami yakin akan pendapatnya dan karena masih punya banyak waktu sebelum ke bandara mampirlah kami ke Sate Afrika Pak Haji Ismail. Rumah makan sederhana sekali, lebih sederhana dari warung, peta besar benua Afrika yang telah lusuh tertempel di dinding. 
Haji Ismail berasal dari Mali, negara Afrika yang indah yang terkenal akan Timbuktu, sayang negara ini sedang didera perang. 
Mali yang adalah bekas koloni Prancis membuat rakyatnya jadi juga fasih berbahasa Prancis, the good thing is Pak Ismail bisa ngobrol dengan suami saya yang banyak tanya ini itu. 

Sate domba Afrika terkenal akan empuk dan gurih, walaupun namanya sate tapi sate afrika tidak menggunakan tusuk seperti sate Indonesia yang kita kenal, proses pembuatannya memerlukan waktu yang panjang, mulai dari mengunkep daging domba nya, lalu kemudian dibakar, setelah selesai dibakar potongan daging domba pun dimasukkan ke dalam panci berisi bubuk kaldu lalu dihidangkan bersamaan dengan potongan bawang bombay  dan pisang goreng, yup pisang goreng! Mungkin aneh terdengar dimakan dengan daging, tapi kuliner Afrika memang kerap disajikan bersamaan dengan pisang goreng. 
Kalau suka pedas, ada sambal super pedas untuk menemani makan sate domba Afrika ini. 




Sate domba Afrika yang saya coba di Petamburan itu memang finger licking food banget, so so so good dan 1 porsi sepertinya tidak akan pernah cukup. 


Berikut alamat sate domba Africa Haji Ismail Coulibaly :

JL. KS Tubun I No 6 Tanah Abang Central Jakarta 10260, 10260, Indonesia ‎
Di Lapangan Sebelah Gedung Indonesia Power.
Phone : 0817-8558-81

Selamat mencoba :-)

18 comments:

  1. ada beberapa sate domba afrika memang... aku prnh coba tapi yg di kawasan belakang wtc sudirman itu loh mbak. aku malah lupa nama tempatnya.. tapi ga tau juga apa yg di sana sama2 berasal dr afrika ato ga pemiliknya :).. yg pasti rame juga.. not bad lah.. lumayan suka sih kalo aku, cuma suami yg kurang, krn menurut dia, sate kalo ga ditusuk2 bukan sate ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya enak banget emang, bumbu marinade nya terasa ampe ke tulang :)

      Delete
  2. saya taunya malah di Gading, namanya Haji Coulibaly jg
    dan memang rasanya enak :)

    ReplyDelete
  3. Wah, keren nieh mbak warung satenya, ada peta benua Afrika segala.... selain makan juga bisa belajar ya rupanya,,, :-)
    Aku belum pernah nyobain ini sate,,,, kata temen aku juga gitu, satenya enak dan empuk,,,, hmmmm semakin penasaran saja saya rasanya,,,, enak pasti ya mbak ya, la yang jualan aja berasal dari Mali,,,, hebat nieh Pak Haji Ismail.... :-)

    ReplyDelete
  4. Waahhh suka domba juga yaa ... cara penyajiannya beda yak! Jd pengen nyoba :9

    ReplyDelete
  5. Wait wait wait ... kayak nya gw dah 2 th an ngak mampir kesini. Ok besok siang aja kita melipir

    ReplyDelete
  6. Iyaaahh ini uenaaakk tenaaannn...jd pgn kesinii lagii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempatnya biasa aja ya Var padahal, tp emang enak deh bumbu daging nya tuh..

      Delete
  7. wah rasa sate domba afrika seperti apa itu?sama kah kayak domba asli indonesia?penasaran sama rasanya sate itu. sate2 kambing di pinggir2 jalan aja udah enak.. apalagi sate domba afrika..wahhh lezzziiissss kayaknya.hehe
    thanks ulasannya.. siippp

    ReplyDelete
    Replies
    1. daging domba nya sih biasa, tp bumbu dan cara pembuatannya yg bikin namanya jadi domba afrika hahhaha

      Delete
  8. walaaah.. kirain beneran afrika.. ok deh,, next year klo ada rezeki ke jakarta lagi yudi mau cobain deh :D

    ReplyDelete
  9. Enak tuh, kemarin aja q dah dateng kesana, rasa'a unik paduan bawang bombay pisang goreng ( jgn nasi ) ama sambel/master, rasa'a bikin nagih, klo yg blm nyoba dateng aja tuh ke sate dombaa afrika h. Ismail deket museum tekstil, dan klo dateng jgn lebih dr jam 2/3 keburu abis/juga dah tutup, bnyk yg seperti itu udh dateng jauh2 dr luar daerah pas nyampe abis. Tp klo yg pny no hp'a blh minta di siain sate'a di tunggu sampe jam 5 sore

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhhh bikin pengen aja nih !!!!
      iya cepet banget habisnya, kl sudah habis tutup deh warungnya, ih serius jg pengen banget :)

      Delete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan

INSTAGRAM FEED

@soratemplates