Flying with Ryan Air : Yay or Nay ?





For ENGLISH VERSION, please scroll down

Entah berapa banyak komplen mengenai maskapai pesawat budget yang satu ini, Ryan Air yang asal Irlandia memang kontroversial dengan terms & condition yang membingungkan sehingga ujung2nya para penumpang harus membayar lebih mahal karena tidak paham mengenai persyaratannya. 
Saya jadi ingat kejadian 2 teman saya saat berangkat dari Pisa menuju Paris, mereka tiba-tiba dikenakan denda hampir €500 karena kelalaian yang tak sesuai dengan peraturan Ryan Air. 
Nah lho, lumayan banget kan tuh jumlah segitu, wong pesawat normal dari Jakarta ke Eropa aja bisa dapat seharga itu.


Saya telah menggunakan RyanAir beberapa kali dan selalu memiliki pengalaman yang baik sampai saat ini (knock on the wood):
-delay hampir tidak pernah, walaupun delay tidak lebih dari 30 menit.
-ground staff nya cukup friendly dan bekerja lumayan efektif
-pramugari pramugara nya ramah dan mengerti apa yang mereka kerjakan
-kadang bandara Ryan Air tidak berada di pusat kota, alias bandara no 2 suatu kota, namun Ryan Air pun menyediakan shuttle bus demi kenyamanan penumpangnya. 

Nah mengenai bandara Ryan Air ini, please please please baca dan amati dimana letak bandara ketibaan, jangan sampai kejadian tiba di bandara yang salah. Well, ini juga pernah kejadian di kami sih, rencana naik Ryan Air dari Dusseldorf Airport eh ternyata bukan Dusseldorf Airport yang besar itu melainkan di kota Weeze yang jaraknya kurang lebih 100 km dari Dusseldorf, untung saja kami selalu menyediakan waktu lebih awal tiba di bandara, sehingga gak sampai kejadian harus ketinggalan pesawat. 

Contoh lain bandara Ryan Air di Paris itu bukan di Charles De Gaulle , ataupun di Orly Airport yang masih dibilang berada di pusat kota Paris, melainkan di Paris Beauvais yang jaraknya sekitar 100 km jg dari pusat kota Paris. 



So, flying with Ryan Air : Yay? or Nay? Dan sebenarnya apa aja sih yang patut diperhatikan? 
Berikut saya sampaikan tips-tips jika ingin terbang menggunakan Ryan Air :

-BAGASI-
Persyaratan bagasi yang mereka terapkan bisa jadi sulit untuk pelancong jangka panjang dan backpackers karena Anda akan harus membayar ekstra jika Anda tidak dapat memasukkan tas bawaan ke dalam kabin. 
Walaupun demikian, jika Anda memiliki tas bawaan yang agak besar, bagasi dapat dibayar sebelum keberangkatan melalui online, harganya lumayan reasonable untuk 15 kg pertama.
Btw, baru2 ini Ryan Air menetapkan 10 kilogram untuk tas kabin, dari yang sebelumnya hanya 7 kilogram saja. Lumayan lah ya untuk weekender yang mau melancong dari kota ke kota di Eropa. Walaupun demikian perhatikan ukuran tas kabin Anda, karena ada ukuran yang ditetapkan.
Untuk ukuran kabin bag ini, staf Ryan Air itu tegas dan disiplin banget, kelebihan atau kebesaran sedikit saja, gak ada yang namanya kata dimaklumi.

The information and rules about the luggage is very clear


-BOARDING CARD-
Salah satu hal yang paling esensial namun sering dilupakan adalah melakukan check ini online paling lambat 4 jam sebelum keberangkatan. Pada saat check in online ini, Anda diwajibkan mengisi beberapa data diri, isilah dengan benar karena tidak bisa dikoreksi.
ID Card atau paspor yang diisi nomor nya, maka wajib dibawa karena nanti saat check in di Bandara wajib diperlihatkan ke staff.


Boarding card juga wajib hukumnya untuk di print dan ditunjukkan ke bagian check in counter di bandara. Jika Anda tidak melakukan hal ini, maka otomatis akan terkena denda yang sangat besar.

Untuk para penumpang WNI yang terbang dengan paspor RI, maka walaupun kita sudah melakukan check in online, tetap tidak bisa langsung menuju boarding room lho ya, boarding pass dan dokumen harus kita bawa ke meja check in dimana nanti staff Ryan Air akan memberikan stempel "visa checked" di boarding card kita.




Sebenarnya Ryan Air tidak bisa disalahkan dengan peraturan yang rasanya gak flexible, tapi ya sudahlah ya secara  harga tiket yang mereka tawarkan lebih murah dari 1 kali makan siang di Eropa, yup that cheap if you are lucky with the promo rate. 
Peraturan2 Ryan Air yang berjelimet sebenarnya tak ubahnya Air Asia kok, yang jadi pertanyaan adalah, apakah Anda benar2 telah membaca peraturan yang mereka terapkan dengan seksama.

In fact, Ryan Air selalu memberikan reminder di email para penumpang tentang apa saja yang penumpang harus lakukan, seminggu sebelum keberangkatan pasti ada reminder email kok, the question is are you aware enough.

I got this kinda reminder by email - one week before my departure


You'll find probably hundreds of complain about this budget airline which quite controversial with its terms & condition.  
I remembered the incident when my friends who will departed from Pisa to Paris , they suddenly got charged for almost € 500 as they did not comply with the regulations.

I have used Ryanair a few times and always had a good experience *knockonthewood , the fact that Ryan Air is:
-almost never delay , although the delay is no more than 30 minutes .
-ground staff was quite friendly and the work is fairly effective
-steward/stewardess are friendly and know what they are doing
-shuttle bus is provided if the airport is not in the main city


Actually what is the significant things to get your attention if you want to fly with Ryan Air?


- BAGGAGE -
Baggage requirements that apply may be not easy for a long term travelers and backpackers because you will have to pay extra if you can not put hand luggage into the cabin .
However, if you have a large and over weight luggage , it can be paid prior to departure via online , the price is quite reasonable for the first 15 kg .



- BOARDING CARD -
One of the most essential yet often overlooked is doing the online check in not later than 4 hours before departure .
You are required to fill in some personal details , fill in correctly because it can not be corrected .


It s an obligation to  print the boarding card as it need to be shown to the check in counter at the airport . If you do not do this , then it will automatically hit by huge fines .

Actually Ryan Air can not be blamed because of their rules somehow complicated, as the ticket price that they offer is cheaper than ever. What you need to do is read the rules and obey them.
In fact , Ryan Air always provide a reminder to the passengers by emails about what passengers should do , a week before departure.  


9 comments:

  1. Tapi aku banyak banget baca complain ttg maskapai ini yaa kak, sejujur nya kalo kita baca dengan teliti ngak bakalan kejaian dech tuch complain. Inti nya adalah baca baca dan baca dengan teliti :-)

    ReplyDelete
  2. @Cumi : Padahal sama aja kok kek Air Asia dan low cost air lainnya, tau tug kenapa jg pada lebay, namanya juga tiket murah aman sampe tujuan, ya udah sih turutin aja ye :))

    ReplyDelete
  3. bedanya, kalo air asia masih rada flexible... aku prnh liat penumpang bawa tas gede, yg aku jamin itu mah lebih dr 7 kg dan size jg exceed utk kabin, tp msh dibolehin ama crew nya utk msk kabin.. Eh btw mba, ini ryanair pes budget yg wkt itu di twitter katanya lagi planning utk issue tiket berdiri? Aku mikirnya itu becanda ya...ga tau deh... masa naik pesawat berdiri? hahahah

    ReplyDelete
  4. Di Indo soalnya masih menganut asas harap maklum sih yah, kl disini biar kata lagi bawa anak ribet pun, tetep aja peraturan adalah peraturan :))

    iyaaa tiket berdiri, dikata metro mini kali yah ahaha

    ReplyDelete
  5. hahaha...jd bener pesawat ini ya yg ngeluarin tiket berdiri??? beneran gitu? wkwkwwkwk.... ga kebayang... hihii..bedirinya di lorong pesawat ??

    ReplyDelete
  6. hahha ini dia Fan bener, tp keknya hanya narasi yg bikin kontroversi aja sih, krn belum kedengeran lagi kelanjutannya.
    btw bukan tiket untuk berdiri doang lho, di toilet pun harus bayar kalau mau make toilet...xixixi sesuatu emang nih airlines, tp emang murah abis, ya gimana dong ? :))

    ReplyDelete
  7. Ryan air ini emang tricky banget ya kak, harus bener-bener baca peraturannya secara detail. Yang jelas sih pramugaranya ganteng-ganteng hihihi :D

    ReplyDelete
  8. Yang agak surprising jg, waktu terakhir naik ryan air, ga ada no kursi. Skrg msh ga ya?

    ReplyDelete
  9. Halo..mau nanya nih..ketentuan bagasi 20kg..bisa buat 2 koper gk ya..soalnya klo easy jet kan gk bs.

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan

INSTAGRAM FEED

@soratemplates