Kota Secantik Namanya: Sofia



Perempuan – perempuan berambut panjang berwarna pirang hilir mudik dengan kostum lengkap musim dingin, sepatu boot setinggi lutut, syal dan penutup kepala berwarna senada dan kaca mata hitam penghalang silau nya matahari. Udara dingin yang hampir menembus angka 0 derajat celsius nampaknya tidak membuat mereka kehilangan nyali untuk bergaya, justru sebaliknya, malah semakin modis saja.

Saya sangat menikmati pemandangan dinamis itu dari balik kaca di suatu kedai kopi di Vitosha Boulevard, salah satu jalan utama paling hits di kota Sofia.
Saya masih harus mencubit kulit tangan saya memastikan saya tidak bermimpi, tak pernah saya membayangkan berada di ibukota Bulgaria ini, negara yang nyaris tidak terdengar suaranya, kecuali di kancah pertandingan olahraga dunia semacam Olimpiade karena atlet-atlet handalan mereka tengah berlaga di mata olahraga gulat, sepakbola atau senam ritmik yang kerap mendapatkan piala emas.


Ini pengalaman perdana saya dan suami menginjakkan kaki di tanah milik negara Bulgaria, let s say to tick off another bucket list. Perjalanan ini berlangsung sebagai hadiah dari kami dan untuk kami pada ulang tahun pernikahan kami yang ke 6, seperti janji kita berdua, sebisa mungkin di ulang tahun pernikahan saya dan suami berada di suatu negara/kota baru yang belum pernah kita datangi sebelumnya.

Sofia's city centre is very compact, which means that you can take in the sights in one day, or two if you visit the museums and churches.  

Apa saja yang dapat kamu lakukan di Sofia, Bulgaria jika hanya memiliki 1 hari disana? 


1. Pergantian jadwal penjaga istana kepresidenan.
Walaupun gak seheboh penggantian penjaga istana di London atau Athena, namun tetap saja ritual yang dilakukan setiap jam ini patut dinikmati. 




2. Alexander Nevski Cathedral
salah satu bangunan megah yang menjadi kebanggaan penduduk Sofia. Bagaimana mereka tidak bangga jika katedral Alexander Nevski ini adalah salah satu gereja orthodoks terbesar di dunia. 



3. Duduk-duduk di taman yang banyak tersebar di kota Sofia sangat menyenangkan
walaupun musim dingin sekalipun, matahari yang bersinar cukup menghangatkan tubuh. Apalagi saat jam makan siang tiba, kursi-kursi taman nampak dipenuhi para pekerja yang sedang menikmati makan siang mereka. 



Salah satu taman indah yang menjadi favorit saya adalah yang terletak berhadapan dengan Ivan Vazov National Theatre, desain bangunan teater ini sungguh memukau, warna merah dan emas mendominasi badan dinding-dindingnya. Terkadang ada pemain biola jalanan yang mencari sedikit nafkah dengan memainkan musik-musik klasik di depan bangunan teater ini, sungguh menghangatkan hati, terkadang saya lupa bahwa saat itu udara hanya berada di jarum 5 derajat celsius saja.





4. Banya Bashi Mosque 
Merupakan peninggalan Ottoman dan merupakan salah satu mesjid tertua di benua Eropa, dibangun pada tahun 1576 di bawah tanggung jawab arsitek Mimar Sinan, dimana beliau lah juga yang menyelesaikan bangunan Blue Mosque di Istanbul, Turki. 



5. St George Rotunda
Bangunan tertua yang dilindungi di kota Sofia. Terletak tersembunyi di balik megahnya bangunan Istana President dan Hotel Sofia Balkan, bangunan ini berulang kali mengalami restorasi besar karena dibangun pada abad ke 4.




6. Vintage Market
Pasar loak di Sofia ini bisa ditemukan di Aleksandar Nevski, tidak perlu menunggu akhir pekan karena pasar antik di Sofia buka setiap hari. 
Disini saya menemukan berbagai macam harta dari masa lalu seperti gramofon, topi helm militer Rusia, memorabilia komunis, biola tua, perhiasan perak, lukisan bergambar tokoh-tokoh agama. Pandai-pandailah menawar, apalagi jika terlihat seperti turis.










 

19 comments:

  1. The rotunda looks beautiful. What's in it?

    ReplyDelete
  2. pas lihat masjidnya td lgsung mikir kok mirip blue mosque ternyata arsiteknya sama :))

    ReplyDelete
  3. Cantik banget Kak kotanya, kayanya romantis banget ya :)

    ReplyDelete
  4. @dustysneakers : have u recogn the cross in the top of the Rotunda's building ? hahaha

    ReplyDelete
  5. @Wisnu : Keren yah, walaupun gak semegah Blue Mosque, tp ini salah satu yg tertua :)

    ReplyDelete
  6. @Tesya, tergantung pergi nya ama sapa sih kak, kl pergi ama kesayangan pasti romantis2 aja heheh

    ReplyDelete
  7. Kak, bulgaria itu ga schengen ya? Tapi sempet denger,pemegang visa schengen bisa masuk bulgaria tanpa visa. Itu benarkah?

    ReplyDelete
  8. @Atik : Benar sekali, pemegang visa schengen yang masih berlaku, bisa masuk ke Bulgaria, max 7 days stay.

    ReplyDelete
  9. Cantikk banget yah kota nya :) Bangunan2nya indah.. Dan owh. Pantes aja pas liat Mesjid nya kok rasanya agak mirip dgn yg di Turki.. ternyata oh ternyata :)

    ReplyDelete
  10. iiih demen banget ama suasananya, bangunannya...duh seru ya bisa menjelajahi Sofia di hari pernikahan...hehe jadi pengin nyontoh

    ReplyDelete
  11. itu vintage marketnya bikin ngecesss... keren buat pajangan di ruang tengah. tapi, itu yang dijual termasuk truk tentara kuno di belakangnya? #yakali

    ReplyDelete
  12. I think I remember when I visited (if I'm not mistaken) Guangzhou, where all the ladies still using something stylish as their winter cloth! I guess weather is not an obstacle for fashion haha! ;-)

    Anyway, love what the govt does to conserve the old building like that Rotunda church ... I still remember there's a block of old building in Penang - Malaysia, that is modified so it has the same 'tone' with the mall that surround it :-)

    ReplyDelete
  13. @Aipy : Iya, ini versi blue mosque yang kecil , asli mini banget kl dibandingin yang di Istanbul :)

    ReplyDelete
  14. @Caderabdul nah, masukkin bucket list ya :-)

    ReplyDelete
  15. @Fahmi : Vintage nya keren2 tp serem gitu, pokoknya yang berbau komunis mah serem lah yah

    ReplyDelete
  16. @Timothy winter emang musim dimana semua orang terlihat keren, tp musim yang bikin paling nelangsa juga, kesian sama homeless kl musim dingin gitu

    ReplyDelete
  17. ya ampuuunnnn itu mesjidnya ngangenin... dulu nemenin suami solat jumat di sana... tp sementara dia solat jumat, aku makan di pasar deket2 situ ;p. Walo keluara suami pada bilang Sofia rada ngebosenin karna ga ada apa2nya yang menarik selain bangunan tua, tp aku suka kota ini ;) Karena dasarnya, kota tua bgini yang aku suka, drpada kota2 modern.

    Btw, udah tau kalo Sofia ini sister city ama Solo mba ;).. ?

    ReplyDelete
  18. wah, jadi pengen kesana, tapi masih belum sempat sampai sekarang....

    ReplyDelete

Friends, Thank you so much for reading + supporting my blog, and for taking the time to leave me a comment.
Your comment support truly means so much to me.
Have a lovely day! xo, Jalan2Liburan

INSTAGRAM FEED

@soratemplates